Departemen Ilmu Komputer,
cs.ipb.ac.id
Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor.
Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor.
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 Sep 2014-Jan 2015
Department of Family and Consumer Sciences, College of Human Ecology Bogor Agricultural University IPB
Dosen:
Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, MSc (usumarwan@gmail.com, www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, MS
Ir. MD Djamaluddin, MSc
Ir. Retnaningsih, MS
Text Book:
Ujang Sumarwan. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Edisi 2 Cetakan 1. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Catatan Kuliah Pertama
Saya Ryan Budiman Denatari mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas MIPA, Institut Pertanian Bogor,
Pada hari Rabu, 3 September 2014 saya mengikuti kuliah Perilaku Konsumen sebagai SC. Kuliah ini disampaikan oleh Dosen yang sangat ahli di bidang konsumen, yaitu Prof Dr Ir Ujang Sumarwan MSc. Beliau juga menulis buku dengan judul Perilaku Konsumen yang dijadikan buku pegangan untuk mahasiswanya.
Hal yang menarik dari kuliah ini adalah konsumen memiliki banyak perilaku yang mempengaruhi dirinya dalam mengambil keputusan dalam memuaskan kebutuhannya. Seperti contoh, suka menawar guna mendapatkan harga yang murah. Selain itu, konsumen suka memilih kualitas yang terbaik dari barang yang diinginkan meskipun harganya setinggi langit. Konsumen juga cenderung gemar mengikuti tren, misalnya akhir-akhir celana chino sedang menjadi tren di kalangan anak muda dan terbukti jika kita pergi ke pusat perbelanjaan/mall yang banyak terdapat remaja/anak muda, mereka semua banyak memakai celana chino. Dalam berpakaian, anak muda juga cenderung mengikuti idolanya, seperti contoh tren berbusana ala K-Pop sedang menjamur di kalangan anak muda.
Hal yang tak kalah pentingnya bagi konsumen dalam mendapatkan barang/jasa adalah mencari informasi tentang produk/jasa yang akan dibeli. Informasi tersebut meliputi info kualitas, info harga, info merk, dan lain-lain. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mendapat barang/jasa dengan kualitas bagus tetapi juga dengan harga yang terbaik.
Perilaku konsumen juga dipengaruhi oleh budaya di masing-masing negara. Perilaku konsumen di benua Asia tentu berbeda dengan perilaku konsumen di benua Eropa. Perilaku konsumen di negara Amerika Serikat tentu berbeda dengan perilaku konsumen di negara Indonesia. Seperti contoh, dalam penggunaan gadget (laptop, smartphone, atau lainnya), merk Apple lebih laris dibeli oleh konsumen di Amerika Serikat jika dibandingkan dengan konsumen di Indonesia. Hal ini mungkin disebabkan oleh budaya penduduk Amerika Serikat sendiri yang cinta produk dalam negeri dibanding dengan penduduk Indonesia. Selain itu, di negara Jepang masyarakatnya lebih senang menggunakan transportasi umum dibanding di Indonesia. Sehingga penjualan mobil merk asal Jepang, Toyota, lebih tinggi tingkat penjualannya di Indonesia jika dibandingkan di negara asalnya Jepang.
Akhir kata, ilmu perilaku konsumen ini sangat penting untuk dipelajari dan dipahami karena dapat membantu konsumen di seluruh dunia dalam mengambil keputusan yang terbaik.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar