Kategori ini membahas sistem yang dirancang untuk mencegah pengguna melakukan kesalahan.
"Even better than good error messages is a careful design which prevents a problem from occurring in the first place. Either eliminate error-prone conditions or check for them and present users with a confirmation option before they commit to the action." (Nielsen 1995)
Untuk mencegah terjadinya kesalahan saat pengisian form pembelian, sistem sudah didesain sedemikian rupa agar pengguna tidak melakukan kesalahan.
Pada saat pembelian item, masing-masing atribut sudah diberi tanda (*) yaitu tanda bahwa atribut tersebut harus diisi tidak boleh dikosongkan. Contoh, atribut 'nama depan' diberi tanda (*) menjadi 'nama depan *'.
Sistem sudah memenuhi syarat dalam aspek error prevention sehingga tidak membutuhkan perbaikan.
Menurut Nielsen (1995), tingkat keparahan masalah kegunaan adalah kombinasi dari tiga faktor:
- Frekuensi dengan mana masalah terjadi: Apakah umum atau langka?
- Dampak dari masalah jika terjadi: Apakah akan mudah atau sulit bagi pengguna untuk mengatasi?
- Kegigihan masalah: Apakah masalah satu kali bahwa pengguna dapat diatasi setelah mereka tahu tentang hal itu atau akan pengguna berulang kali terganggu oleh masalah?
1 = Masalah kecil saja: tidak perlu diperbaiki kecuali waktu tambahan tersedia pada proyek
2 = Kecil masalah kegunaan: memperbaiki ini harus diberikan prioritas yang rendah
3 = Major masalah kegunaan: penting untuk memperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi
4 = Usability bencana: penting untuk memperbaiki ini sebelum produk bisa dilepaskan
Severity ratings kali ini berada di tingkat 0.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar