Kategori ini menguji apakah sistem dapat membantu user keluar dari kasus error.
"Error messages should be expressed in plain language (no codes), precisely indicate the problem, and constructively suggest a solution." (Nielsen 1995)
Website ini sudah memberi peringatan untuk membantu pengguna jika terjadi error.
Pada saat
pembelian item, jika pengguna melakukan submit
namun masih ada form wajib diisi yang masih kosong, maka sistem akan
memberikan peringatan bahwa form tersebut wajib diisi tidak boleh kosong.
Meskipun peringatan sudah diberikan, tetapi hal tersebut dirasa masih kurang. Sebaiknya peringatan tersebut ditampilkan dengan teks berwarna merah agar pengguna dapat langsung tanggap jika terjadi error dan mudah dibaca.
Menurut Nielsen (1995), tingkat
keparahan masalah kegunaan adalah kombinasi dari tiga faktor:
- Frekuensi dengan mana masalah terjadi: Apakah umum atau langka?
- Dampak dari masalah jika terjadi: Apakah akan mudah atau sulit bagi pengguna untuk mengatasi?
- Kegigihan masalah: Apakah masalah satu kali bahwa pengguna dapat diatasi setelah mereka tahu tentang hal itu atau akan pengguna berulang kali terganggu oleh masalah?
1 = Masalah kecil saja: tidak perlu diperbaiki kecuali waktu tambahan tersedia pada proyek
2 = Kecil masalah kegunaan: memperbaiki ini harus diberikan prioritas yang rendah
3 = Major masalah kegunaan: penting untuk memperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi
4 = Usability bencana: penting untuk memperbaiki ini sebelum produk bisa dilepaskan
Menurut saya, severity ratings kali ini berada pada tingkat 2.
memang benar ada baiknya pesan error diberi warna berbeda. selain itu highlight field yang sala juga bisa ditambahkan
BalasHapus