Sabtu, 07 Juni 2014

Match Between System and The Real World - tokokerajinanjogja.com

Kategori ini membahas mengenai kesesuaian antara sistem dengan dunia nyata.


     "The system should speak the users' language, with words, phrases and concepts familiar to the user, rather than system-oriented terms. Follow real-world conventions, making information appear in a natural and logical order." (Nielsen 1995)

Berdasarkan evaluasi, pada website ini terdapat kerancuan pada tampilan gambar ikon yang dapat   menyebabkan ketidaksesuaian harapan yang ingin diperoleh pengguna.

Pada menu 'checkout', terdapat kerancuan pada ikon keranjang belanja yang diberi tanda silang yang berdasarkan harapan pengguna akan memberikan fungsi hapus item, tetapi ternyata ikon tersebut setelah diklik bertujuan untuk kembali ke halaman produk, sehingga terjadi ketidaksesuaian harapan yang ingin diperoleh pengguna.



Penggunaan icon yang tidak umum akan membuat bingung pengguna. Penggunaan icon harusnya disesuaikan dengan fungsi yang akan dijalankan. Seperti contoh, tanda silang berwarna merah cocok digunakan untuk fungsi close /keluar dari aplikasi atau ikon bergambar pensil cocok digunakan pada menu edit. Sebaiknya untuk fungsi kembali ke halaman produk, cukup diberikan hyperlink text ‘Back to Product Page’ saja. Sedangkan untuk fungsi hapus item menggunakan icon keranjang belanja bertanda silang tersebut.                                                                                                                              

Menurut Nielsen (1995), tingkat keparahan (severity ratings) masalah kegunaan adalah kombinasi dari tiga faktor:
  • Frekuensi dengan mana masalah terjadi: Apakah umum atau langka?
  • Dampak dari masalah jika terjadi: Apakah akan mudah atau sulit bagi pengguna untuk mengatasi?
  • Kegigihan masalah: Apakah masalah satu kali bahwa pengguna dapat diatasi setelah mereka tahu tentang hal itu atau akan pengguna berulang kali terganggu oleh masalah? 
= Saya tidak setuju bahwa ini adalah masalah kegunaan
Masalah kecil saja: tidak perlu diperbaiki kecuali waktu tambahan tersedia pada proyek
2 = Masalah minor: memperbaiki ini harus diberikan prioritas yang rendah 
3 = Masalah mayor: penting untuk memperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi 
4 = Kesalahan fatal: penting untuk memperbaiki ini sebelum produk bisa dilepaskan

Berdasarkan severity ratings, masalah penggunaan icon yang tidak sesuai ini menurut saya masuk ke kategori 3, karena penting untuk diperbaiki agar pengguna tidak kebingungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar