"Dialogues should not contain information which is irrelevant or rarely needed. Every extra unit of information in a dialogue competes with the relevant units of information and diminishes their relative visibility." (Nielsen 1995)Desain website ini masih kurang enak dipandang.
Pada halaman home, pembagian tata letaknya masih kurang baik. Tidak jauh berbeda pada halaman lainnya. Selain itu, terlalu banyak informasi yang tidak diperlukan berada pada halaman utama.
Rekomendasi perbaikan yaitu desain bisa ditata ulang dengan menggunakan template baru yang tersedia. Dengan dilakukan tata ulang, diharapkan tampilan website ini menjadi enak dipandang.
Menurut Nielsen (1995), tingkat keparahan masalah kegunaan adalah kombinasi dari tiga faktor:
- Frekuensi dengan mana masalah terjadi: Apakah umum atau langka?
- Dampak dari masalah jika terjadi: Apakah akan mudah atau sulit bagi pengguna untuk mengatasi?
- Kegigihan masalah: Apakah masalah satu kali bahwa pengguna dapat diatasi setelah mereka tahu tentang hal itu atau akan pengguna berulang kali terganggu oleh masalah?
1 = Masalah kecil saja: tidak perlu diperbaiki kecuali waktu tambahan tersedia pada proyek
2 = Kecil masalah kegunaan: memperbaiki ini harus diberikan prioritas yang rendah
3 = Major masalah kegunaan: penting untuk memperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi
4 = Usability bencana: penting untuk memperbaiki ini sebelum produk bisa dilepaskan
Severity ratings pada aspek ini menurut saya berada di tingkat 3.
Untuk website kerajinan, menurut saya website ini warnanya kurang cocok dengan tema
BalasHapuswebsite tersbut memang memiliki tampilan yang tidak menarik. Hal demikian mungkin developer sistem tersebut belum handal atau tidak mengikuti perkembangan zaman dalam mengelola tampilan website. Dari saya sendiri memberikan nilai severity rating 4 karena memang website tersebut harus berubah total.
BalasHapus