"Accelerators -- unseen by the novice user -- may often speed up the interaction for the expert user such that the system can cater to both inexperienced and experienced users. Allow users to tailor frequent actions." (Nielsen 1995)Sistem sudah mengakomodasi pengguna dalam pilihan menggunakan bahasa lain.
Meskipun sistem sudah memberikan pilihan bahasa, tetapi sistem ini masih belum sempurna. Hal ini disebabkan karena bahasa yang diganti hanyalah pada sebagian menu saja, sedangkan pada beberapa menu lain masih menggunakan bahasa default. Seperti ditunjukkan pada gambar berikut:
Perbaikan harus dilakukan agar pemakaian bahasa tidak campur aduk seperti itu.
Menurut Nielsen (1995), tingkat keparahan masalah kegunaan adalah kombinasi dari tiga faktor:
- Frekuensi dengan mana masalah terjadi: Apakah umum atau langka?
- Dampak dari masalah jika terjadi: Apakah akan mudah atau sulit bagi pengguna untuk mengatasi?
- Kegigihan masalah: Apakah masalah satu kali bahwa pengguna dapat diatasi setelah mereka tahu tentang hal itu atau akan pengguna berulang kali terganggu oleh masalah?
1 = Masalah kecil saja: tidak perlu diperbaiki kecuali waktu tambahan tersedia pada proyek
2 = Kecil masalah kegunaan: memperbaiki ini harus diberikan prioritas yang rendah
3 = Major masalah kegunaan: penting untuk memperbaiki, sehingga harus diberikan prioritas tinggi
4 = Usability bencana: penting untuk memperbaiki ini sebelum produk bisa dilepaskan
Severity ratings pada aspek ini menurut saya berada di tingkat 4 karena kesalahannya sangat fatal.
Saya sependapat, memang terkadang dalam website sering terjadi kesalahan dalam bahasa
BalasHapus